Waspadai Gejala Dini Stroke

"gejala stroke"Stroke, sekarang ini bukan hanya diderita oleh orang berusia lanjut tetapi juga menyerang Anak muda.  Di Indonesia, 16 juta penduduk Indonesia menjadi penderita stroke.

Stroke menjadi penyebab kematian tertinggi kedua di seluruh dunia. Data menunjukkan, Sekitar 85 persen stroke terjadi di negara-negara dengan tingkat ekonomi rendah. Di Indonesia 15,4 persen kematian disebabkan oleh stroke

Penyebab stroke umumnya disebabkan oleh pola makan yang salah dan rokok. Indonesia sendiri menduduki posisi ketiga dengan populasi perokok terbanyak di kawasan Asia Pasifik setelah China dan Jepang.Orang yang sudah terkena stroke harus menjaga kualitas hidupnya dengan menjalani pengobatan dan perawatan jangka panjang yang optimal.

Upaya pencegahan stroke terbaik adalah mengenali gejalanya. Dokter Eka Harmeiwaty, SpS dari RS Jantung Harapan Kita menjelaskan beberapa gejala dini stroke yaitu :

1. Perubahan mendadak. Gejala awal stroke bisa terlihat secara fisik. Misalnya, orang yang tadinya sehat mendadak menjadi tiba-tiba lumpuh, kelainan saraf, mulut mencong dan lidah cadel.
2. Kesemutan separuh tubuh. Gejala lainnya adalah sering mati rasa atau kesemutan pada wajah atau sebelah sisi badan.
3. Gangguan penglihatan dan pendengaran.
4. Kesulitan berbicara atau berkomunikasi.
5. Perubahan perilaku atau gangguan mental.
6. Mendadak lemas bahkan pingsan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>